Kamis, 28 April 2011

'Basis NII Berada Di Garut'






Thursday, 28 April 2011 18:48 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Polri menyebut Garut, Jawa Barat, menjadi salah satu basis gerakan Negara Islam Indonesia (NII) yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat. Namun Polri belum berencana untuk memeriksa Panji Gumilang, orang yang disebut-sebut sebagai Presiden NII.

"Kalau mau memeriksa Panji Gumilang kan harus ada persangkaannya terlebih dahulu," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (28/4).

Boy menjelaskan, salah satu basis NII berada di kawasan Garut, Jawa Barat. Basis tersebut merupakan sisa-sisa dari kekuatan DI/TII Jawa Barat pimpinan Kartosuwiryo pada 1949.

Untuk memeriksa Panji Gumilang, Boy berkelit, tidak semudah itu. Pasalnya belum ada pembuktian jika NII melakukan kegiatan makar. Selama ini, NII bergerak secara sembunyi-sembunyi alias bawah tanah.

Jika NII telah melakukan gerakan secara terang-terangan dan mendeklarasikan negara lain selain Indonesia, polisi baru dapat bertindak. "Sampai saat ini kan masih seperti cerita dari mulut ke mulut," kilahnya. Bilal Ramadhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar