Rabu, 27 April 2011

Pepi Fernando Mantan Aktivis NII

Rabu, 27 April 2011 | 16:25 WIB


Ismoko Widjaya, Eko Huda S

SOURCE: VIVAnews

- Gembong teroris bom buku dan bom Serpong, Pepi Fernando, pernah masuk organisasi Negara Islam Indonesia. Pepi yang juga mantan sutradara film dokumenter itu aktif dalam kegiatan NII sekitar tiga tahun lalu.

"(Pepi) Pernah menjadi aktivis NII sekitar tahun 1998," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Polisi Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu 27 April 2011.

Namun demikian, menurut Boy Rafli, suami Deny Carmelita, karyawan Badan Narkotika Nasional yang juga sudah menjadi tersangka itu kemudian memutuskan untuk keluar dari NII. "Dia keluar, memutuskan pisah karena merasa tak sejalan," kata Boy.

Penyidik masih mendalami sejauh mana keterlibatan Pepi dalam NII. Belum banyak fakta yang dapat dikuak dari keterlibatannya. Dalam penggeledahan di rumah Pepi, Densus 88 menemukan buku NII yang diduga milik Pepi.

Buku NII yang ditemukan yakni, 'Sepak Terjang KW 9 Abu Toto Menyelewengkan NKA-NII Pasca SM Kartosoewiryo'. Kemudian ada juga judul lain seperti, 'Musuh Darul Islam', 'Kisah Dajjal', 'Mega proyek Kedua Al Qaeda', 'Prinsip-prinsip Jihad Dr. Abdulah Azzam,' 'Membina Angkatan Mujahidin', 'Jihad dan Khas Kelompok Yang Dijanjikan', dan sebagainya.

Mabes Polri sendiri telah menetapkan status Pepi sebagai tahanan terkait kasus bom buku dan bom serpong. Dia dituduh menjadi otak rentetan teror bom tersebut. Pepi akan menjalani masa tahanan hingga 25 Agustus 2011. (umi)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar