Rabu, 11 Januari 2012

5 Benteng Terkuat Di Dunia





Ideologi manusia yang hampir sama dengan yang ada saat ini memungkinkan dimana orang atau penguasa negara akan datang dengan struktur yang akan mempertahankan kerajaan mereka. Selain itu ideologi juga memungkinkan mereka untuk mengatasi kekuatan kuasa musuh-musuh mereka.

Istana dan benteng sudah memainkan peran yang sangat penting dalam mempertahankan sebuah kerajaan tertentu atau suatu negara. Dan karena itu sebagian besar prajurit perkasa dan penguasa telah memastikan bahwa mereka melindungi seorang raja atau membangun struktur megah yang akan memungkinkan tentara mereka untuk berjaga-jaga dan mengawasi musuh dari kejauhan. 

Masih ada banyak benteng yang tak hanya sekedar sulit ditaklukkan dan digulingkan oleh tentara saingan, karena lokasinya yang unik sehingga hampir mustahil untuk di taklukkan. Mari kita lihat beberapa benteng terkenal yang masih tetap tak terkalahkan dan telah teruji oleh waktu.



1. MASADA - Israel
Karena kita berbicara tentang beberapa istana dan benteng tak terkalahkan di dunia maka kita tidak bisa melewatkan struktur mengagumkan yang telah benar-benar teruji oleh waktu. Masada adalah nama situs di mana Anda akan menemukan berbagai benteng dan istana. Situs ini dibangun di atas sebuah dataran tinggi bebatuan terisolasi di Israel dan sangat dekat dengan Laut Mati. Masada terletak di tepi timur tebing yang tingginya 1300 kaki yang menjadikannya salah satu benteng yang paling sulit untuk di taklukkan.

Pada kenyataannya, hanya ada beberapa orang yang mampu sampai ke puncak karena ketinggian tebing yang sangat terjal dan tidak memberikan dukungan apapun untuk orang-orang yang memanjat. Dataran tinggi ini memiliki menara lain dan gudang yang digunakan untuk mengakomodasi orang-orang di atas. Selain itu, Masada juga memiliki tempat untuk menyimpan senjata dan tangki air yang akan diisi oleh air hujan. Sesuai sejarah, Masada digunakan oleh pemberontak Yahudi untuk melawan dan melecehkan Roma.



2. ALAMUT - Iran
Benteng lainnya yang tetap tak terkalahkan sepanjang sejarah adalah Alamut yang juga berarti Eagle's Nest (Sarang elang). Benteng yang dibangun di atas sebuah gunung tinggi yang hampir mustahil untuk di panjat dan bahkan jika coba dilakukan untuk mendaki Alamut, akan dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi orang itu untuk mencapai ke puncak yang berarti bahwa para prajurit di atas memiliki cukup waktu untuk mengunci dan membunuh target mereka.

Alamut terletak di Pegunungan Alborz tengah dekat Provinsi Kazvin yang hanya berjarak seratus kilometer dari (sekarang)Teheran di Iran. Benteng ini dibangun oleh Hamdollah Mostowfi pada ketinggian 2.100 meter dan hanya ada satu jalan sampai ke benteng yang dijaga ketat oleh tentara dan prajurit yang membuat jalur tersebut tidak mungkin untuk di tembus. Sisi lain dari Alamut secara alami terlindungi karena memiliki kemiringan yang curam berkerikil yang berarti bahwa setiap tentara yang melewati jalur tersebut akan jatuh ke lembah jika mereka kehilangan langkah. Benteng ini terawat baik dan memiliki jaringan pasokan air yang luar biasa dan penyimpanan makanan untuk seluruh pasukan. Pada tahun 1090 benteng ini di duduki oleh Hashshashins yang hebat (The Great Assassins) yang mampu memenangkan banyak perkelahian dan pertempuran bersejarah lainnya karena Alamut.





3. JANJIRA – India
India adalah negeri raja-raja dan kaisar dan karena itu Anda akan menemukan banyak istana, dan benteng di sini. Padahal, ada banyak benteng seperti ini di India yang telah memainkan peran penting dalam pengembangan sebuah kerajaan atau suatu negara tertentu tapi Murud-Janjira tetap di urutan teratas jika menyangkut benteng yang tak terkalahkan di India. Padahal, pada tampilan pertama terlihat benteng yang sangat umum seperti benteng yang dapat ditaklukkan dengan mudah tapi itu tidak terjadi karena lokasinya yang unik.

Benteng ini seperti sebuah pulau yang dikelilingi oleh air dari semua sisi dan oleh karena itu memberikan gambaran yang jelas kepada tentara di dalam benteng dari setiap penyusup datang melalui laut. Benteng ini awalnya dibangun oleh Raja Nelayan Konkan untuk bertempur melawan penguasa Muslim di tahun 1490. Namun, kata Janjira berasal dari kata bahasa Arab Jazeera yang berarti sebuah pulau. Benteng ini kemudian ditaklukkan oleh Shivaji dan menjadi salah satu markas untuk Kekaisaran Maratha.




4. MALBORK CASTLE – Poland
Castle Teutonik Order di Malbork adalah yang berikutnya pada daftar benteng tak terkalahkan dalam sejarah manusia. Benteng ini sekarang lebih dikenal dengan Malbork Castle karena terletak di Malbork. Namun, benteng ini dibangun oleh Orde Teutonik yang mana adalah ksatria yang tertarik untuk membantu umat Katolik yang sedang sakit dan terluka di Polandia. Benteng ini tetap menjadi salah satu contoh klasik dari benteng abad pertengahan dan hari ini telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO di Polandia.

Benteng ini juga memegang rekor benteng bata gothic terbesar di dunia. Benteng ini dibangun pada tahun 1274 dan diberi nama sebagai Marienburg setelah Perawan Maria. Benteng ini tetap tak terkalahkan pada zamannya karena lokasinya yang unik. Daerah sekitar dekat benteng yang sangat datar dan tidak memberikan kesempatan apapun kepada musuh untuk menyembunyikan diri dan karenanya prajurit memiliki cukup waktu untuk bersiap-siap dan menyiapkan perang sebelum pendekatan musuh dari kejauhan.






5. PALANOK CASTLE – Ukraine

Benteng Palanok juga dikenal sebagai Benteng Mukachevo dan juga masih berdiri dengan bangga hingga hari ini sebagai salah satu benteng yang tetap tak terkalahkan dan tak tertaklukkan.

Benteng ini dirancang secara cerdas dan terletak di sebuah bukit vulkanik yang memberikan benteng ini lokasi yang unik untuk melindungi diri dari penyusup dan musuh. Benteng ini dibangun oleh keturunan Perancis dan juga menjadi tempat tinggal tetap keluarga kerajaan. Benteng ini juga telah digunakan sebagai penjara politik. Benteng ini dibagi menjadi benteng rendah, sedang dan tinggi. Di mana benteng tinggi dihiasi secara mewah untuk keluarga kerajaan. Saat ini, benteng yang sulit ditembus ini telah berubah fungsi menjadi museum bagi umum untuk di lihat.

SOURCE: 
 http://wisbenbae.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar